Pages

Cara Install Windows Dengan Flashdisk

Bagi Anda yang memiliki notebook atau laptop mini yang tidak mempunyai DVD/CD-ROM, pasti Anda akan kesulitan untuk melakukan install system operasi. Karena pada umumnya untuk melakukan install SO diperlukan DVD/CD-ROM, padahal Anda tidak memiliki itu. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan Flashdisk, Daripada membeli DVD/CD-ROM portable yang harganya mahal mending pake Flashdisk dengan cara yang mudah dan dan tidak memerlukan biaya yang mahal kan,..?

Nah ini solusinya? Anda hanya membutuhkan dua hal untuk dapat menginstall Windows dari Flashdisk. Untuk install windows menggunakan Flashdisk di notebook, yang perlu kamu lakukan adalah mengubah Flashdisk menjadi bootable supaya komputer atau notebook Anda bisa booting melalui Flashdisk. Mengubah Flashdisk menjadi bootable bisa kamu lakukan dengan software atau manuial tanpa software. Setelah itu ada satu hal lagi yang kamu butuhkan, yaitu file ISO dari installer windows.




Berikut Cara Install Windows dengan Flashdisk.
  1. Siapkan file ISO Windows  terlebih dahulu. Untuk membuat file ISO dapat Anda baca Cara Membuat File ISO.
  2. Persiapkan aplikasi WinToFlash. Aplikasi ini tidak membutuhkan installasi terlebih dahulu untuk menggunakannya.
  3. Colokkan flashdisk ke notebook , jika flashdisk Anda masih ada isinya, backup terlebih dahulu, kemudian format flahsdisk Anda.
  4. Buka atau jalankan WinToFlash.exe, lalu akan muncul jendela wizard, kemudian klik "Next", lalu dijendela berikutnya jika Anda diminta untuk malekukan atau mengaktifkan lisensi key ("Activate License Key now"), klik saja "Exit" langsung untuk menjalankan aplikasi secara gratis.
  5. Klik tombol cek list untuk memulai "Windows Setup Transfer Wizard".
  6. Lalu klik tombol "Next".
  7. Lalu pada bagian "Windows File Path" pilih file ISO windows yang ingin Anda install, lalu pada bagian USB Drive filih flashdisk yang akan digunakan sebagai media installasi.
  8. Pilih accept pada "Windows License Agreement", lalu klik tombol "continue".
  9. Setelah semua proses selesai, klik "Next" dan kemudian "Exit". Dan bootable flashdisk Anda untuk windows telah siap digunakan.
Proses Installasi
  1. Nyalakan notebook Anda, atau jika Anda ingin melakukan install ulang langsung setelah proses pembuatan bootable flashdisk, restart notebook Anda dan pastikan flashdisk Anda terpasang ke port USB notebook.
  2. Masuk ke BIOS untuk setting terlebih dahulu perubahan urutan boot di BIOS, pilih USB Drive di urutan pertama. Lalu restart notebook Anda Untuk melanjutkan proses setup windows. Dan pastikan flashdisk Anda tetap terpasang ke port USB hingga proses installasi Windows selesai. Baca Cara Install Windows
  3. Dan terakhir, setelah proses installasi selesai cabut flahdisk dari port USB notebook Anda.