Pages

Mengidentifikasi Masalah Jaringan WiFi

Mengidentifikasikan masalah keamanan

     Karena jaringan ini menggunakan transmisi radio, WLAN juga mewarisi kesulitan dalam hal keamanan daripada LAN dengan jaringan kabel. Enkripsi WEP dan autentikasi mencegah orang luar (yang tidak berhak) dari browsing trafik WLAN secara biasa dan inadvertent, tetapi mereka tidak dapat dihentikan dari serangan.
jaringan wifi      Selanjutnya spesifikasi IEEE 802.11i menghasilkan 802.1X ke WLAN 802.11 dam menemukan sesuatu untuk meningkatkan keamanan melalui pentingnya meningkatkan autentikasi dan metode enkripsi. Sampai standarisasi ini disetujui dan diimplementasikan, user memiliki berbagai macam pilihan untuk melindungi data. Beberapa vendor hardware WLAN 802.11 menawarkan keunggulan dari optimasi pada WEP, atau solusi lainnya. Jenis autentikasi dan metode enkripsi lainnya juga bisa digunakan.
      Apakah tool ini ampuh atau lemah, seperti sistem keamanan adalah hanya pertahanan yang pasif. Agar menjadi efektif, jaringan ini juga harus disertakan dengan pertahanan yang aktif. Pertahanan aktif maksudnya adalah memeriksa kelemahan jaringan WLAN kita, dan mencari tanda-tanda adanya penyusupan. Mesin penganalisa paket akan membantu kita dalam menyelesaikan ke dua masalah ini.

    
  Contohnya, mesin penganalisa paket tidak dapat mendeteksi penyusup secara langsung, tetapi dapat mendeteksi autentikasi yang gagal. Jika sebuah mesin penganalisa paket telah menyaring atau membangkitkan awal dari pendeteksian sistem, maka bisa di set untuk mengamati secara kontinu pada kegagalan autentikasi, mengamati pertukaran trafik pada percobaan ini, dan embantu untuk mengidentifikasikan penyerangan yang potensial.
      Dengan usaha yang serupa, mesin penganalisa paket dengan penyaringan yang baik dapat diatur untuk mengamati WEP trafik yang terenkripsi pada atau dari MAC addres yang lain yang mana bukan user yang dikenali sistem. Kemampuan ini sangatlah penting dalam mempertahankan dari serangan dimana penyusup bertingkah laku “man in the middle”, contohnya sebuah access point.
sebenarnya kita dapat menganalisa jaingan  dengan aplikasi
IP SNIFFER
NSM wifi managmen
softprfect wifi guard

Sumber : http://agusridwan67.blogspot.com